Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:19 pm

I. PENDAHULUAN

salam sejahtera untuk wonosari.com
"Bagi pengguna Blackberry, app ini sangat terasa manfaatnya untuk berhubungan dengan teman2 yang tidak menggunakan BB"

II. APA ITU WhatsApp ?

Whatsapp adalah aplikasi messenger yang mirip dengan Blackberry Messenger (BBM) yang awalnya dibuat untuk Iphone. Sekarang applikasi ini bisa berjalan di Blackberry, Android dan Symbian. Applikasi ini memungkinkan HP agan bisa BBM-an dengan BB. Atau chat dengan Iphone, Android, dsb. Ane pengguna BB, dan WhatsApp ini sama banget dengan BBM, ngebantu ane BBM-an ke rekan2 non BB.

"Sebenarnya ada lima app yang adopsi sistem BBM, yaitu Cnectd, Pingchat, pMessenger, Live Profil, dan WhatsApp. Integrasi ke sistem, sistem PIN, stabilitas, fitur dan proses pengembangan, menjadikan WhatsApp yang terbaik untuk kelas ini."


WA:
 

Berikut beberapa fitur dan kelebihan dari WhatsApp :

"WhatsApp bukan Applikasi, tapi lebih mirip patch ngupdate OS agar memiliki fitur BBM. Disisi lain, WhatsApp ngepatch agar BB bisa BBM-an ke HP lain".
WA:
 

2. Terintegrasi ke dalam sistem
WhatsApp layaknya sms, tidak perlu buka applikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk, ringtone, dan getar. Ketika HP sedang off, pesan akan tetap disampaikan ketika jika HP sudah ON.
WA:
 

3. Status Pesan.
Fitur favorit ane di BBM. Akan ada empat icon yang muncul dan menjelaskan status pesan.

- Jam Merah untuk Proses loading di HP kita
- Tanda Centang jika pesan terkirim ke jaringan
- Tanda centang double jika pesan sudah terkirim ke teman chat.
- Silang merah jika pesan gagal
WA:
 

4. Broadcast dan Group Chat
Broadcast untuk kirim pesan ke banyak pengguna. Group chat untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.
WA:
 
Quote :
dalam fitur ini HP symbian belum bisa

5. Hemat Bandwidth
Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. App dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat batteray.

Catatan penting, App ini adalah BBM jadi harusnya walau dimatikan tetap aktif di process dan tetap konek ke inet (memangnya BBM bisa dimatikan?). Tapi jangan khawatir, karena pulsa yang dibutuhkan untuk standby hanya 10kb/jam, kalau di Nokia ane malah habis cuman 30kb/12 jam.

III. CARA KERJA :

1. WhatsApp menggunakan jaringan internet di HP (GPRS/EDGE/3G/WIFI)
2. WhatsApp menggunakan Nomor HP pengguna sebagai PIN. Update, PIN dah bisa tanpa pake no HP. Atau menggunakan Pin cantik (symbian only).
3. WhatsApp akan mentrace kontak secara otomatis di phonebook.


IV. DOWNLOAD DAN INSTALL

1. Buka Browser bawaan Gadget anda, Klik DISINI pilih sesuai OS HP anda.
2. Masukkan kode negara. Indonesia kodenya (+62) --> +62 adalah pengganti angka 0
3. Masukkan nomor sisanya ( misal : 812 5011 4164)
4. Tunggu verifikasi dan notifikasi dari whatsapp.
5. Selesai. Done !


V. PAKET INET MURAH

Berhubung applikasi ini menggunakan gprs/edge/3G untuk transaksi data, saya sarankan agan ngambil paket internet di kartu hp agan.

Untuk Telkomsel, agan bisa menggunakan paket Flash 35MB untuk 1 Bulan dengan Biaya 10.000. Dan jika Quota habis, dikenakan 1 Rp / KB (normalnya 5 Rp / KB).
Untuk Three dan Axis, ada paket UNLIMITED bulanan sebesar 29.000 / bulan (belum PPN). Lebih mahal dibanding simpati, tapi agan pasti puas dan gak takut kehabisan quota dah.
untuk XL : bisa menggunakan paket 50MB/bulan dengan biaya 20.000
untuk M3 : bisa menggunakan paket 45MB/bulan dengan biaya 25.000
kalau cuma buat ol WA 24jam x sebulan. sering chatingan, kirim gambar, saya nggak habis 20 MB. kemarin habis perpanjang paket, masih sisa quota 33 MB di XL saya frustasi

VI. PENUTUP dan KESIMPULAN !!


Nah, setelah membaca ulasannya tugas agan sekarang adalah :
1. Install WhatsApp
2. Save nomor Pin temen agan yg pakai whatsapp ke contact HP, kemudian refresh appnya. Chatting ke PIN tsb, bisa ngetest applikasinya (Kirim gambar, Video, GPS, Sound, dll).

Kemudian :
3. Share PIN agan di thread sini, biar banyak yang add dan kita bentuk komunitas WhatsApp di Forum ini. Posting nomor HP dan Daerah agan.
4. Dan yang paling penting. Silakan share ke teman2 pergaulan agan, biar bisa menambah intensitas komunikasi.

WhatsApp lebih IDEAL untuk menyatukan teman via BBM, menambah teman hanya efek lain saja. Thread ini pun mencoba memfasilitasi rekan2 agar bisa mencoba app, dan menambah komunitas. Kalo mau terasa sangat manfaatnya, share app ini ke teman2 pergaulan agan.

lanjut di page selanjutnya ya
ngakak


Terakhir diubah oleh undefine tanggal Tue May 31, 2011 9:36 pm, total 3 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:21 pm

Quote :
Quote :
khusus pngguna whatsapp di hape symbian..

Perform:
aplikasi ini fine2 aja jalan di background process. buat koneksi stabil, gak lag..
emang koneksi nyambung terus, tanda gprs ane on trus..tp gak bgtu nyedot pulsa..ane sh pke pulsa gprs yg 10rb..(m3) jdinya gk bgtu mhal..

waktu sms masuk,hrus ad yg ngalah dlu nih..kamsudnya gni, sms msuk biasanya ngedisconnect jaringan gprs dlu sesaat,bru abs itu nymbung lgi..
jadi chat gk bsa brengan msuk sma sms..
untuk lag,di EGE ane gk ada..baik itu suara notif,getar,ataupun lainnya..(mudah2an sh gk ad bwt seterusnya..)

selebihnya udah bnyak direview sama tmen2 yg lain..

Batrei:
khusus batrei, bohong kalo ada hape yg gak boros bwt dpake online 24 jam..skalipun BB,iPhone, atau android..
cuma bedanya, untuk ketiga sahabat itu, software dg batrei mreka sdh di'siap'kan/diperuntukkan lebih dominan bwt konek trus..
boros mah trgantung pemakaian..kalo hape ente iphone skalipun,tpi dipake bwt nelp 10 jam sehari?lah kan sama aja..
tpi di EGE ane tested gk bgitu mkan bnyak batre..
sharian pling cm ngmbil 1/4 dr kpsitas..krna ane makenya bwt tlp n sms plus musik,jdi kliatannya boros..
standaran lah..2 hari skali charge..

Memori:
khusus bwt penggunaan memori, whatsapp ini lbh banyak mkan memori dibanding ebuddy..
ane test sma ebuddy (soalnya bysa pake chat nonstop pke ini doang..)
ebuddy mkan memori 2,4 klo whattsapp mkan 2,8..
beda tipis sih..
nih pnampakannya..

WA:
 

trgantung sebanyak apa aplikasi yg lg brjlan di hape agan,baik itu yg di background atau bukan..
kalo di ane sh lancar2 jaya..

tpi ane bandingin dri segi pulsa,masih iritan whatsapp..
ditambah lagi di whatsapp bsa lgsung krim foto,serasa di BBM..
gak cm link doang kya di YM..
CMIIW..

Bisa dinonaktifin:
naaaahhh...ini dy yg ane demen dr whatsapp..
kalo agan gk mw on trus nih aplikasi,tnggal di kill aj processnya..
oia, skalipun whatsapp ini udh di exit,tpi doi msh jlan di background processnya..jdi mesti di terminate..


sebelumnya udh ada agan2 yg coba jelasin,tpi ane mw coba lbh rinci lgi,di OS symbian..
caranya pake JbTaskman, kill me gan..
step2nya..

step2:
 

overall..ane prefer whatsapp drpda yg lainnya..
lintas platform..

Quote :

android


Untuk smartphone berbasis android, aplikasi whatsapp bisa langsung didownload melalui market.

notifikasi :

terdapat pilihan notifikasi untuk pemberitahuan pesan baru di bagian pengaturan. Anda dapat memilih menampilkan pesan baru secara pop up atau hanya tampil di notification area. Anda pun dapat mengatur suara panggilan di bagian pengaturan.
notifikasi:
 

no hp sebagai pin :

saat pertama kali menginstallnya, anda akan mendapatkan daftar kontak whatsapp yang terisi secara otomatis. Whatsapp langsung mengambil data di phonebook dan melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila no hp teman anda terdaftar di whatsapp, otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.
contact:
 

tanda pesan terkirim dan sudah dibaca

fitur ini mirip sekali dengan blackberry messenger. Kalau di bbm menggunakan tanda d dan r, di whatsapp menggunakan tanda centang. Centang 1x artinya terkirim, centang 2x artinya sudah dibaca. Apabila tidak koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda.
(kalau chat grup centangnya cuma satu)
tanda pesan:
 

mengirim file

whatsapp dapat mengirim file-file seperti :
* foto (langsung dari kamera, file manager dan media galery)
* video (langsung dari video kamera, file manager dan media galery)
* audio (langsung merekam suara, dari file manager, dari music galery)
* location (anda dapat mengirim lokasi anda dengan mengambil posisi anda dari google maps)
* contact (mengirim detail kontak dari phonebook)
mengirim file:
 

fitur lain-lain :

view contact : Anda dapat melihat contact di phonebook, whatsapp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook

avatar : Anda tidak dapat mengganti avatar secara manual, whatsapp akan mengambil data avatar dari profile phonebook. Apabila menggunakan sinkronisasi facebook dengan phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar facebook.

Add conversation shortcut : Dapat juga menambahkan shortcut conversation ke homescreen

email conversation : Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email

copy/paste : Setiap kalimat perbincangan juga dapat di copy, forward dan delete dengan menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.

Smile icon : Untuk menambahkan serunya perbincangan, anda pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti : Smile emotions, icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dll.

Search : Fitur dasar setiap im, anda dapat mencari daftar contact melalui fitur ini.

Call : Karena pin whatsapp ini sama dengan no telp/hp teman, anda pun dapat melakukan panggilan langsung dari aplikasi whatsapp ini.



Terakhir diubah oleh undefine tanggal Thu Mar 24, 2011 3:38 pm, total 3 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:22 pm

Quote :
FAQ 1

1. Apa sih whatsapp
2. Cara install
3. Bayar gak
4. HP ane bisa gak?
5. Cara Add teman
6. Chat ke BB
7. Makan banyak baterai gak?
8. Bisa dimatikan gak?



Whatsapp itu apaan gan?:
 


Installnya gimana gan?:
 


Bayar gak gan?:
 


HP ane bisa ga gan?:
 

TIDAK SUPPORT WINDOWS MOBILE DAN JAVA


Ane ga bisa add contact Whatsapp gan, ga ngerti:
 


Cewe/temen/bokap/nyokap/kakak/adek/istri/suami/eyang/kakek/nenek/oma/opa/tetangga saya pake Blackberry gan
saya bisa BBM'an sama dia ga gan, jadi dia ga usah install Whatsapp yah gan?:
 


Mahal yah gan biayanya?, ane kalo langganan Blackberry Internet Service kena pulsa lagi ga gan?:
 

Ini aplikasi makan batere banyak yah gan?:
 



Bisa dimatiin ga gan?:
 





Quote :
FAQ 2
1. Apa bedanya dengan app IM lain
2. Apa bedanya dengan SMS
3. Amankah share no hp
4. bayarkah? , dan lainlain
faq2:
 

CATATAN TAMBAHAN

Kekurangan dan Solusi :

1. Untuk NOKIA masih versi Beta, belum ada avatar dan emoticon. Masih belum support Java dan Windows Mobile

2. Issue batteray yang boros, terlebih untuk HP yang tidak didesain untuk OL 24 jam. Solusinya, matikan app ini jika gak butuh, ntar akan On sendiri ketika ada pesan masuk.

3. Tahun pertama Gratis, kemudian bayar 1,99$ atau sekitar 18.000-an. Prediksi ane tahun depan ni app dah digratiskan karena banyak kompetitor, dan kalaupun harus bayar 18.000 gak terlalu berat ane rasa.

4. Belum support Group Chat, Bulan depan dah bisa (cek di tweet nya)



Terakhir diubah oleh undefine tanggal Thu Mar 24, 2011 3:36 pm, total 6 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:23 pm

KillMe.v1.36.S60v3SymbianOS

JBak_Taskman_116

Fake sms (symbian)



Terakhir diubah oleh undefine tanggal Thu Mar 24, 2011 4:00 pm, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:23 pm

buat update lagi
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:28 pm

buat update lagi
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:29 pm

buat update lagi
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:31 pm

buat update lagi
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Mar 24, 2011 2:31 pm

haduh, rung ono sek komeng frustasi frustasi

Amiiiin :roll: ;) :sunny:
Kembali Ke Atas Go down
undefine
Warga
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 07.10.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Fri Apr 01, 2011 10:29 pm

waduh rung ono sek komen Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
joko_banget
KorLap
avatar

Lokasi : Jogja-Nglipar PP
Reputation : 4
Join date : 12.06.09

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Wed Nov 02, 2011 1:43 am

Donlot whatsapp sing full (ora trial) neng ngendi yo?
Kembali Ke Atas Go down
http://blogtukanglistrik.blogspot.com
Agus_Gogon
Pengawas
avatar

Lokasi : karangetan rongkop GK pondok gede
Reputation : 109
Join date : 17.09.10

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Thu Jan 19, 2012 4:06 pm

kalo apple iphon,ipad,ipod thouch harus os brapa mas?? ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.c-palm.com
rizky
Pengawas
avatar

Lokasi : Nganjuk-Wonosari-bekasi
Reputation : 7
Join date : 24.08.09

PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   Wed Jan 23, 2013 1:27 am

Melu whatsapp ah

_________________
Ampiranku
FBku Gonku cangkruk kene
Kembali Ke Atas Go down
http://ispria.blogspot.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)   

Kembali Ke Atas Go down
 
Whatsapp messenger multi platfrom: Symbian, Android, BB, dan Iphone dalam 1 Messenger (fitur BBM)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: IT GADGET & EDU CORNER :: Handphone-
Navigasi: