Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 9:07 am

:o*00: monggo teman2 sharing disini..tentang GK..terutama yaitu masalah air Minum.dan untuk kehidupan sehari2

terutama daerah teman2 Sendiri tinggaL

saya awali dulu:

1.Hmm..orang tua dan saya sendiri tinggl di Wareng.Dari ibukota wonosari 4 km arah barat daya..Dulu memang sebelum ada PDAM masuk..banyak yang bikin Sumur untuk kehidupan sehari2
Very Happy waktu itu ga punya sumur ya dirumah ku,jadi klo mau ambil air minta tetangga sebelah,wah jadi teringat dulu setiap ambil air pake gembor ato ember trs diangkut ke rumah untuk di masukan ke gentong :P :P
untung tetangga sebelah baik jadi ambil berapapun gratis Very Happy Very Happy.

Tapi sekitar awal 2005 pemerintah gunung kidul membuat sumur bor didaerah soko(selatan wareng).dan itu untuk proyek Pdam Untuk Daerah sekitar Situ..Dan pengairan.pertanian....

Itung2 karna biaya pemasangn dan Airnya juga murah..ya Daripada Harus nimba lagi..klo ada yng lebih praktis kenapa Tidah.. Very Happy Very Happy.jadi sekarang klo mau masak air tinggl cur **boso jowone**

dance dance dance

Monnggo Darii teman2 Semua Sharing tempat Tinggalmu. :o*00: :o*00: Ga usah maluu2.
Kembali Ke Atas Go down
sug3st
Camat
avatar

Lokasi : Baleharjo - Djogdja ~pp~
Reputation : 15
Join date : 05.05.08

PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 9:37 am

Kalau di tempat sayadi Baleharjo,kalau musin kemarau air PDAM tidak begitu lancar. Biasanya gantian dalam waktu beberapa jam. jadi tidak setiap hari bisa ngalir terus. Kalau musim hujan, sering banget airnya keruh, seperti air teh 🇳🇴

Tapi setelah sumber mata air di Bribin sudah di fungsikan.... saya blm tau perubahan apa yang terjadi.
monggo bagi rekan2 yang menikmati air dari Bribin kasih masukan..... Aplouse Aplouse

_________________
Sucikanlah aku dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

E D Y
Kembali Ke Atas Go down
http://www.edysusilo.blogspot.com/
maniss
Koordinator


Lokasi : Jakarta
Reputation : 7
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 10:42 am

Saat saya masih kecil, saya mandinya di grojogan.
dipakai nggak dipakai, air mengucur terus menerus.
sumber dari hutan wonosadi.seiring berjalannya waktu,
penduduk mengalirkan air pakai paralon.tapi sejak GEMPA kemaren,
katanya yang bagian atas kesulitan air, tapi bagian bawah, sumur
yg tadinya dalem berubah cetek.mungkin terjadi keretakan didalam tanah.
sehingga air merosot turun kebawah (kawasan seperti lereng).
yang bagian atas, penduduk mengandalkan air dari sumber hutan Wonosadi.
bahkan beberapa waktu yang lalu terjadi pergeseran tanah.
Pohon berpindah tempat sendiri, dari tegalan milik si A ketegalan milik si B.

_________________
NRIMO ING PANDOEM
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 12:38 pm

hemmmmm..........

kenangan masa kecil sing kurang kebahagiaan....tapi inilah kehidupan di sebuah daerah yang identik dengan kekeringan dengan tanah yang tandus.....

Saya hanya akan mengingat sebuh kenangan moyang2 saya, yang masih jelas terekam dalan memory dan bila ada sedikit kekurangan atau yg tercecer itu bukan karena unsur kesengajaan.

Sebuah daerah dengan tumbuhan yang masih belantara, dan masih menimbulkan misteri bagi penghuni P. Jawa. Tanpa di mengerti dan kenapa sebab musababnya, belantara tersebut terl;etak di antara pesisir selatan yang berdekatan dengan pantai selatan......Desas desus berkembang, sebuah wilyah tersebut yang konon kabarnya adlah daerah terlarang dan bahkan menjadi tembang bibir bagi para ibu2 untuk menina bobokan anaknya. Wilayah selatan pertengahan yang terletak d PJawa menyimpan beribu2 makna dan misteri, jangankan mendengar namanya saja. Untuk yang berani ke wilayah tersebut siap untuk mengahdapi maut, binatang saja jika masuk wilayah tersebut hilang entah k mn. Manusia masuk hanya tinggal namanya.
Dan yang bisa masuk dan keluar dengan selamat hanyalah manusia yang linuwih atau Satriyo Pinandito. Dan dari Zaman wangsa Syailendra - Majapahit, kisah bahwa siapa pemegang kekuasaan harus melakoni di wilayah tersebut... walaupun zaman tersebut tidak d jelaskan lebih mendetail.....yg agak jelas sedikit adalah mulainya dinasti Mataram Islam..
Yang mana wilayah tersebut sebelum adanya Wangsa Syailendra ( Magelang=Mataram Hindhu) yang kerajaan pertama di tanah jawa. Daerah tersebut masih wingit kepati - pati dan gung liwang liwung.

Kemudian tahun berganti windu....silih berganti, saya tidak akan menjelaskan sampai detail karena para pengguna d forum ini cerdas.
Saya hanya akan awali sesudah kemerdekaan Indonesia...di mana antara tahun 1960 - 1970, kemiskinan melanda NKRI dan pada wilayah tersebut ikut imbasnya; bahkan sangat dasyat.
Sampai pada tahun2 tersebut terkenal dengan sebutan zaman gaber, di mana zaman tersebut; makanan dan penderitaan begitu memprihatinkan.
Makanan seperti thiwul, beras dan umbi2an-pun langka sekali....
Untuk menutupi bahan pokok demikelangsungan hidup, bisa mencari pohon kates/pepaya dan pohon pisang untuk di rebus dan di jadikan makanan isi perut.
Tragis.....tapi itulah moyang2 saya begitu pedihnya......dan itu saja masih belum terpuaskan pula dengan kehadiran sebuah intrik politik....bahwa wilayah tersebut sarang komunis......
Manusia yang tidak tahu apa2 di bantai dan orang baik2 d tangkap demi tumbal kepentingan politik......

Itu sekilas 2 zaman yang menimpa wilayah kita dan tragis....untuk di kenangannya....

Berangsur-angsur pulihlah wilayah tersebut dan mulai kelihatan berkembang....
Di mana pada tahun antara 80 - 90 wilayah; Panggang, Tepus, Playen, Rongkop (daerah saya), untuk pembangunan masih minim di banding dengan kecamatan lainnya....
Untuk maslah air masih menunggu datangnya hujan, ini untuk yang d wilayah selatan selain kec. semanu.

Wilayah pegunungan dengan daerah yang masih jarang penghuninya, Rongkop tepatnya daerah Desa Pucanganom. Penduduk tahun 80 - 95, taraf kehidupannya masih terbilang mulai membaik.
Tapi pemabngunan di bidang air, listrik dan telpon, belum sama sekali.....Tapi penduduk setempat mulai membenahi,ketertinggalannya.

Di lihat dari segi air, penduduk masih mengambil dari air telaga dan belik yg jauhnya antara 3 - 6 km dari rumah. Untuk penampungannya juga masih sebuah tempat yang terbuat dari tanah liatnya ( gentong) dan pasir semen ( kolah). Dan waktu itu jalanan untuk melewati t42 air tersebut masih setapak.... Dan pengambilan airnya masih menggunakan blek yg d pikul kapasitasnya kira2 40 - 50 liter.
Tapi dari segi bahan makanan pokok tidak jadi maslah...pembangunan jalan masih di bawah perencanaan...
Dan penenrangan belum menggunakan listrik..
Jika ke pasar masih berjalan kaki 2-5 ke pasar tanpa naik angkutan.

Itu saya sedikit cerita zaman2 sebelum saya lahir dan waktu kecil....
Yang mana membuat hati ini seolah2 berontak terhadap keadaan.

Filosofi kakek saya, tuntutlah ilmu walapaun langit akan runtuh sekalipun. Walapun orangtua saya dan kakek sedikit bersebrangan. Dan pola pikir generasi sekarangpun berbeda, dulu kakek dan nenek saya kalau ngudang k saya dadi wong lanang kuwi biso mikul duwur mendem jero ( maaf saya tidak akan menguraikan secara detail...soalnya ini dapetnya waktu itu harus bertapa dulu ... ngakakk ngakakk ngakakk ngakakk ngakakk ngakakk .

Terus kalau sekarangkan orang tua ngudangnya besok nek gede dadio wong sugih bondo, lan kalau sehabis sekolah di suruh merantau....
Saya tidak akan menjelaskan secara detail...itulah pola pikir orangtua sekarang...

Walapu nanti si anak merantau, jadi kuli bangunan, pembantu dan upss sory saya g lanjutin. Tidak jadi msalah, yang penting anakku jadi wong ning kutho.....

Tapi tidak dengan pemikiran kakek saya, hiduplah seadanya krena hidup ya seperti ini. Jangan sekali2 ngowahi kerso ( melangkahi kehendak).
Harta hanyalah tipuan mata, dan ilmu adalah ketenangan hidup untuk masa depan.

JIka terlalu bnyak kata saya minta maaf, kalau ada yg tersinggung bukan semata2 itu kesengajaan.....

Matursuwun dan terimakasih
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Tamu
Tamu
avatar


PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 12:45 pm

daerah saya Pam masuk pas 1994-1995 , 1994 pemasangan dan gali2 nya air pertam kali mengucur ke rumah tanggal 19 agustus 1995 ( aku inget sekali karena benar2 berpengaruh thdp hidupku, dan yang pasti hari itu pas ada 17-an di wonosari), namun seperti di baleharjo juga, tempatku jika ingin dapet air harus bangun pagi2 banget jam 2 pagi nyalain baru dapet air, itupun harus berebut dengan warga lainnga ( tapi lumayan maling ngk pada dateng soalnya udah pada bangun semua jam 2 pagi itu), nah kalau krannya kita buka terus, nanti tagihannya membengkak soalnya angin yang keluar tetep bisa memutar meterannya.
kalau musim hujan tiba airnya keruh ( sam ajuga dengan baleharjo)
tapi sekarang sudah lumayan air dah bagus ngalirnya tetapi masih keruh ...
Kembali Ke Atas Go down
__BlacKy__
Donatur
avatar

Lokasi : Djodja___
Reputation : 14
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 3:41 pm

:o*00: ayo di terusin monggo..

wah,,wah,,rupanya dulu merupakan sejarah yng mengasikkan,,
Kembali Ke Atas Go down
gimbik
Pengawas
avatar

Lokasi : Nori One
Reputation : 6
Join date : 04.03.08

PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   Sat May 17, 2008 7:03 pm

ketoke wes ora deh
nang Candirejo semanu Wes ga koyo mbiyen saiki wes ono PAM barang jew

_________________
I know the Lord will make a way for me
Mampir Dunk==> Bola
Disini Juga ==> Site
OK Zone ===> Blog
Dengerin Lagunya ===>> my world
Kembali Ke Atas Go down
http://profiles.friendster.com/imbik
Sponsored content




PostSubyek: Re: #########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########   

Kembali Ke Atas Go down
 
#########Apakah Gunung Kidul Masih kekurangan Air#########
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: LOUNGE 'N CHIT-CHAT :: Teras Nongkrong-
Navigasi: