Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKFAQPencarianPendaftaranAnggotaLogin


Share | 
 

 "gejok lesung"..??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: "gejok lesung"..??   Sat May 24, 2008 11:21 am

kenal ga sama istilah "gejok lesung"..??

Q pernah baca, :study:

kesenian ini bermula ketika para wanita di sebuah desa (Banaran, Playen) beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

suara gejokan (saat alu menghantam lesung) yang berbeda-beda ternyata menjadi irama yang unik didengarkan dan mampu menjadi hiburan tersendiri para wanita penumbuk ketela.

lambat laun mereka kemudian menciptakan bermacam-macam irama gejokan yang sering dipertontonkan untuk menyemarakkan panen raya atau ketika ada gerhana bulan.

sekarang masih ga sih? :?:

ada y' punya informasi ga..?? bagi2 disini dOnk..

Kembali Ke Atas Go down
daRinto
Donatur
avatar

Lokasi : Jakarta
Reputation : 1
Join date : 08.03.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sat May 24, 2008 9:52 pm

Iya tuh Gejok Lesung kalo ditempatku namanya Kothe'an Lesung.
Sampai sekarang masih ada,cuma kayaknya udah mau punah tuh tradisi.
Tradisi itu di pake sewaktu ada acara nyambut tamu pemerintahan,lomba desa.
Masalahnya sekarang udah gak ada lagi regenerasinya.
Kembali Ke Atas Go down
Mase_
Camat
avatar

Lokasi : di atas Gentheng
Reputation : 45
Join date : 28.02.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sat May 24, 2008 10:15 pm

Pernah denger juga sih.. tapi cuma saat ada gerhana bulan.....
kalo' buat acar khusus seperti perayaan panen, blom pernah denger sih...

Very Happy

_________________
===========================================
Nothing special
Kembali Ke Atas Go down
http://www.wonosari.com
djopie
KorLap
avatar

Lokasi : atas bukit ( goenoengkidoel handayani )
Reputation : 0
Join date : 27.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Jun 08, 2008 4:13 pm

Spoiler:
 
semanu masih ada kalo pas gerhana bulan
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Jun 08, 2008 8:01 pm

djopie wrote:
Spoiler:
 
semanu masih ada kalo pas gerhana bulan

;)

terus. terus?

gimana tu bentuk acaranya?

terus, emang ada ya, kelompok khusus gejok lesung? :?:
Kembali Ke Atas Go down
c4k1L gaNEph0
Warga
avatar

Lokasi : nE9erI aTaZ an9IN
Reputation : 0
Join date : 02.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Mon Jun 09, 2008 10:38 pm

pipit wrote:
kenal ga sama istilah "gejok lesung"..??

Q pernah baca, :study:

kesenian ini bermula ketika para wanita di sebuah desa (Banaran, Playen) beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

suara gejokan (saat alu menghantam lesung) yang berbeda-beda ternyata menjadi irama yang unik didengarkan dan mampu menjadi hiburan tersendiri para wanita penumbuk ketela.

lambat laun mereka kemudian menciptakan bermacam-macam irama gejokan yang sering dipertontonkan untuk menyemarakkan panen raya atau ketika ada gerhana bulan.

sekarang masih ga sih? :?:

ada y' punya informasi ga..?? bagi2 disini dOnk..




waaahh... setauq walaupun ini kesenian yang hapir punah,,,
tapi dari pemerintah juga uda ada prhatian kok..buktinya waktu Hari Jadi Kab Gunungkidul kemaren juga di tampilkan di Alun2 kok....tempatq (jatiayu city) klo ada warga yang mau punya hajat kadang2 juga masih pake acara gejog lesung gitu dech,,,,....walaupun jarang..!!!!!
BTW gimana klo kita yang jadi re-generasinya.... jadi kita latian gitu??!!!itung2 nylametin budaya biar ga' punah coy.... pripun mas mba'??!!! ada yang tertarik??
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Jun 10, 2008 8:51 pm

boleh itu usulnya..

ajib
Kembali Ke Atas Go down
c4k1L gaNEph0
Warga
avatar

Lokasi : nE9erI aTaZ an9IN
Reputation : 0
Join date : 02.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Wed Jun 11, 2008 11:05 am

ya iya lach....
tapi gimana????? nek misalkan bener ada yang berminat maybe q bisa bantu...
budaya adalah harta kita....klo bukan kita yang menjaga mo siapa lagi.... siul
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Wed Jun 11, 2008 4:41 pm

ok kalo memang bisa..

aku pendaftar pertama dech.. ajib

siapa berminat..???

:l0(())((:
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Jun 15, 2008 10:47 am

hmm.. aku tak nyediake aQua gelas wae. dance males aku nek kon gejok-gejok. ngakakk

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
tomber
KorLap
avatar

Reputation : 3
Join date : 29.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Jun 15, 2008 1:41 pm

siwid wrote:
hmm.. aku tak nyediake aQua gelas wae. dance males aku nek kon gejok-gejok. ngakakk
ngakak ngakak :ngakak nek males gejok-gejok....sampean wae sing digejok- gejok yoooooooooo ngakak ngakak
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Jun 15, 2008 2:58 pm

tomber wrote:
siwid wrote:
hmm.. aku tak nyediake aQua gelas wae. dance males aku nek kon gejok-gejok. ngakakk
ngakak ngakak :ngakak nek males gejok-gejok....sampean wae sing digejok- gejok yoooooooooo ngakak ngakak

buleh tuch.. mas wid khan lhemu.. ngakakk ngakakk ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Mon Jun 16, 2008 12:20 am

pipit wrote:
tomber wrote:
siwid wrote:
hmm.. aku tak nyediake aQua gelas wae. dance males aku nek kon gejok-gejok. ngakakk
ngakak ngakak :ngakak nek males gejok-gejok....sampean wae sing digejok- gejok yoooooooooo ngakak ngakak

buleh tuch.. mas wid khan lhemu.. ngakakk ngakakk ngakakk

apes kie. lagi mlebu pisan wis arep d gejok2. frustasi frustasi paling gor mental ngakak

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
avatar

Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Jul 01, 2008 1:05 pm

Gejok Lesung" Masih Jadi Primadona di Gunungkidul


Yogyakarta (ANTARA News) - Kesenian "Gejok Lesung" (pukul lesung) yang
diwariskan turun temurun masih menjadi primadona di kawasan perbukitan
cadas Desa Banaran, Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
(DIY).

"Kesenian ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kami turun-temurun dan
berkembang menjadi kesenian andalan Desa Banaran dalam penyambutan tamu
yang berasal dari luar daerah," kata Treskuti, pimpinan Grup Gejok
Lesung Margo Lestari kepada ANTARA News, Minggu.

Menurut dia, di Desa Banaran terdapat banyak grup kesenian Gejok
Lesung, namun yang terbesar adalah Margo Lestari dari Dusun Banaran V
yang beranggotakan lima orang, Tumiyem, Siam, Paikem, Umi, dan dirinya.

"Margo Lestari sering mengisi acara di kecamatan saat menyambut tamu Pak Camat," katanya.

Ia mengatakan, dibanding dengan kelompok lainnya, lesung yang digunakan
grup Margo Lestari adalah yang terpanjang dan tertua. Panjangnya
mencapai 2,5 meter dan usianya lebih dari dua abad.

Treskuti yang juga merupakan sang pemilik lesung tua itu mengisahkan
kesenian Gejok Lesung bermula ketika para wanita di Desa Banaran
beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan
gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

Suara gejokan (saat alu menghantam lesung) yang berbeda-beda ternyata
menjadi irama yang unik didengarkan dan mampu menjadi hiburan
tersendiri para wanita penumbuk ketela.

Lambat laun mereka kemudian menciptakan bermacam-macam irama gejokan
yang sering dipertontonkan untuk menyemarakkan panen raya atau ketika
ada gerhana bulan, katanya.

"Latihannya sambil menumbuk ketela beramai-ramai, nadanya juga
berdasarkan insting masing-masing untuk bisa menciptakan suara yang
enak didengar, tidak ada latihan khusus," kata dia.

Menurut Treskuti, upaya pelestarian kesenian ini berjalan alami secara
turun temurun. "Setelah generasi nenek saya, ada kami yang sekarang
sudah berusia 60-an yang meneruskan. Setelah kami pasti ada keturunan
kami yang akan terus melestarikan budaya ini," katanya.

Untuk honor mengisi acara, Treskuti mengatakan grupnya tidak mematok harga tertentu, semua diserahkan kepada yang mengundang.

"Kami hanya orang dusun, dikasih sedikit terima kasih, dikasih banyak Alhamdulillah," katanya menambahkan. (*)

sumber:http://www.antara.co.id/arc/2007/4/23/gejok-lesung-masih-jadi-primadona-di-gunungkidul/
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
SAPTO SARDIYANTO
Camat
avatar

Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Jul 01, 2008 1:22 pm

ada juga grup nya pak ya gimana kalau kumpul 2
forum ini ngundang kesenian gejlok lesung saja
sekalian belajar biar tidak terlupakan oleh alat2 musik modern
kalau ngak di gabung antara gejlok lesung dengan alat modern
kayak campursari gitu pak
kalau aku kebetulan pernah ke ds.banaran pas rasulan
ramai jugab tu mas


wasalam,

_________________
Betapa manisnya bersama - MU walau hidup ini pahit
asal Engkau ridha mesti semua orang marah sengit
alangkah baiknya jika antara aku dan Engkau makmur
walaupun antara diriku dan seluruh alam ini hancur
jika kasih sayang-MU telah hadir semuanya jadi hina
karena setiap yang diatas tanah akan menjadi tanah
(Enjoy Your life : Dr.M Al areifi)
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Jul 01, 2008 6:47 pm

gejok lesung? dulu waktu aku masih kecil didesaku juga ada mas/mbak, biasanya sebelum ada acara mantu/sunatan pokoknya punya gawe lah, ngumpul, kotekan, agar tetangga pada kumpul datang membantu. tapi sekarang udah ga` ada, masalahnya yang nabuh udah tua2. mungkin ngangkat Alu nya saja udah ga` kuat ;) saya setuju dengan yang diatas2 perlu dilestarikan itu ajib tapi yang nabuh jangan yang tua2 nanti kurang menarik ya ga`?
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Jul 01, 2008 8:25 pm

tigaes2 wrote:
gejok lesung? dulu waktu aku masih kecil didesaku juga ada mas/mbak, biasanya sebelum ada acara mantu/sunatan pokoknya punya gawe lah, ngumpul, kotekan, agar tetangga pada kumpul datang membantu. tapi sekarang udah ga` ada, masalahnya yang nabuh udah tua2. mungkin ngangkat Alu nya saja udah ga` kuat ;) saya setuju dengan yang diatas2 perlu dilestarikan itu ajib tapi yang nabuh jangan yang tua2 nanti kurang menarik ya ga`?

njenegan wae.. kan ijek enom. karo pipit juga boleh.. skalian goyang patah tulang. ngakakk

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Wed Jul 02, 2008 7:01 pm

waduh iki lesung opo maneh ki :| kok nganggo patah tulang barang yo ,aaa gak boleh
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Wed Jul 02, 2008 9:38 pm

siwid wrote:


njenegan wae.. kan ijek enom. karo pipit juga boleh.. skalian goyang patah tulang. ngakakk

wew.. aku ketOt ki.. ok dech.. keneh.. mas wid ta gejok2. ngakak
Kembali Ke Atas Go down
tigaes2
KorLap
avatar

Lokasi : natah,nglipar
Reputation : 0
Join date : 29.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Thu Jul 03, 2008 9:27 pm

ngakak kok malah pada gejo2an DW
jadinya malah gejok lesung pipit to....
Kembali Ke Atas Go down
siwid
Donatur
avatar

Lokasi : nomaden
Reputation : 21
Join date : 04.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Thu Jul 03, 2008 10:19 pm

aku disek sing ngejok lesunge pipit. ngakakk malah dadi sub guyonan kie.

_________________
Syarat biar punya kawan memang sederhana. Modalnya, mau menerima kawanmu apa adanya. Itu saja!
Kembali Ke Atas Go down
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sat Oct 11, 2008 7:49 pm

wahh gayeng men ki???
Kembali Ke Atas Go down
suprihono
Camat
avatar

Lokasi : Kemayoran,Jakarta Pusat
Reputation : 5
Join date : 29.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Oct 12, 2008 4:33 pm

Gejok lesung nek sak ngertiku dibunyikan klo ada orang bunuh diri dengan cara gantung diri...... affraid affraid affraid affraid affraid

Dipercaya bunyi-bunyian dari lesung tersebut dapat mengusir "Pulung Gantung" yaitu semacam setan yang mengajak orang untuk bunuh diri dengan cara gantung diri,diyakini juga bahwa rumah / pekarangan yang kejatuhan "Pulung Gantung" tersebut akan ada keluaraga / familly yang akan gantung diri.

Wallahu AlamBisowab..... Amiiiin Amiiiin
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suprihono.co.cc
masgareng
Koordinator
avatar

Lokasi : Ciledug, Tangerang, Banten
Reputation : 12
Join date : 16.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Oct 12, 2008 4:55 pm

Lesunge saiki wis dho didoli je .. Larang regane .. Lesung neng kampungku wis dho entek.. gejog lesung ono cerak omahku munine nek malem jum'at kliwon

_________________
Masgareng Facebook
Salam Thiwul
Kembali Ke Atas Go down
http://facebook.com/masgareng
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Oct 12, 2008 10:19 pm

pipit wrote:
kenal ga sama istilah "gejok lesung"..??

Q pernah baca, :study:

kesenian ini bermula ketika para wanita di sebuah desa (Banaran, Playen) beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

suara gejokan (saat alu menghantam lesung) yang berbeda-beda ternyata menjadi irama yang unik didengarkan dan mampu menjadi hiburan tersendiri para wanita penumbuk ketela.

lambat laun mereka kemudian menciptakan bermacam-macam irama gejokan yang sering dipertontonkan untuk menyemarakkan panen raya atau ketika ada gerhana bulan.

sekarang masih ga sih? :?:

ada y' punya informasi ga..?? bagi2 disini dOnk..

lesunge sopo sing di gejok mbak pit..... ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak ngakak

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
k_lop
Pengawas
avatar

Lokasi : Bandung
Reputation : 16
Join date : 08.06.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Tue Oct 14, 2008 10:45 am

masgareng wrote:
Lesunge saiki wis dho didoli je .. Larang regane .. Lesung neng kampungku wis dho entek.. gejog lesung ono cerak omahku munine nek malem jum'at kliwon

ngomah ku iseh eneng mas malah gede banget,,neng yo arang dinggo gor di simpen thok...!!!!berarti nek didol payu piro yo kui ngakakk
Kembali Ke Atas Go down
Prexndes
Koordinator
avatar

Reputation : 4
Join date : 25.04.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Thu Oct 16, 2008 10:40 pm

kesenian ini bermula ketika para wanita di sebuah desa (Banaran, Playen) beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

mBak Pipit, wong ketela di tumbuk kok jadi gaplek to?

nopo mboten klentu niku?

frustasi frustasi :silent: :silent:
Kembali Ke Atas Go down
pipit
Presidium
avatar

Lokasi : Jogja-Bantul-Wonosari
Reputation : 6
Join date : 15.05.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Fri Oct 17, 2008 6:44 pm

Prexndes wrote:
kesenian ini bermula ketika para wanita di sebuah desa (Banaran, Playen) beramai-ramai menumbuk ketela dalam sebuah lesung besar untuk dijadikan gaplek sebagai makanan pokok daerah tersebut.

mBak Pipit, wong ketela di tumbuk kok jadi gaplek to?

nopo mboten klentu niku?

frustasi frustasi :silent: :silent:

affraid , iyo po.. aku ming ngopy jew ngakakk

dari sini http://www.antara.co.id/arc/2007/4/23/gejok-lesung-masih-jadi-primadona-di-gunungkidul/
Kembali Ke Atas Go down
dewalangit
Officer
avatar

Lokasi : Jl.jogja-wnsari km 20 Patuk.Dhaksinargha Bhumikarta.
Reputation : 39
Join date : 20.07.08

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Fri Sep 07, 2012 3:49 am

Aku ta jajal dadi Gejok, sopo gelem dadi lesunge lole

_________________
Dengan Ilmu hidup jadi mudah
Dengan Seni dan Cinta hidup jadi indah
Dengan Agama hidup jadi terarah
Dengan smart & smile hidup jadi bergairah


FB
Kembali Ke Atas Go down
http://www.saeahchim.co.kr/
alventa
Pengawas
avatar

Lokasi : http://instaforex.com/
Reputation : 5
Join date : 24.06.11

PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   Sun Sep 09, 2012 11:07 am

ya silahkan cari lesungnya dulu bro.....Very Happy

_________________
Join with InstaForex | Indonesian Forex Forum |
Follow us on FaceBook | Keep Learning and Doing |
Kembali Ke Atas Go down
http://instaforex.com/
Sponsored content




PostSubyek: Re: "gejok lesung"..??   

Kembali Ke Atas Go down
 
"gejok lesung"..??
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Kesenian Daerah-
Navigasi: